بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم "Assalamualaikum.Wr.Wb Selamat Datang di Blog Ulun" Blog Mengenai Kota Pangkalan Bun

Kamis, 13 Oktober 2011

Sungai Arut Menghiasi Kota Manis

     Kotawaringin Barat adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi kalimantan tengah., yang beribu kota di Pangkalan Bun, dalam artikel ini akan mencritakan keindahan sungai arut yang berada di kota manis (sebutan kota Pangkalan Bun)

     Sungai Arut, sebuah sungai yang membentang dari hulu sungai yang terletak di kabupaten lamandau hingga masuk dan bermuara di kabupaten kotawaringin Barat hilir sungai, Sungai ini adalah sungai yang pada waktu dahulu digunakan untuk menuju kabupaten kotawaringin Barat (KOBAR) ini, yang mana pada sekitar tahun 40an jalan darat masih belum memadai untuk dilalui. namun pada tahun tersebut kota ini sudah ada walaupun masih sangat kecil, dimana dalam sejarahnya kabepaten ini juga memberikan sumbang sihnya untuk kemenangan negara ini, yang terlibat langsung dengan peperangan.

     Sungai arut yang melewati tepat di jantung kota Pangkalan Bun ini sangat banyak manfaatnya baik bagi penduduk maupun berkembangnya kota manis ini, bagi penduduk di sekitar bantaran sungi, sungai ini dimanfaatkan untuk MCK, namun dengan semakin majunya kota tersebut sungai arut mengalami masalah pencemaran yang disebabkan pembungan limbah yang berlebihan dari pabrik-pabrik yang ada, dan kurangnya kesadaran untuk memelihara sungai tesebut., Bagi kemajuaan kota sungai ini awalnya digunakan untuk transportasi dari dan keluar kota Pangkalan Bun, yang banyak membawa bahan sembako, namun dengan berkembangnya kabupaten kobar ini, sungai ini lebih memiliki banyak fungsi yang salah satunya diperlukan untuk memasok air untuk keperluan PAM, sehingga memenuhi kebutuhan air bersih di kota ini. dan tidak dipungkiri lagi kalo penduduk disepanjang bantaran sungai arut menggantungkan hidupnya pada sungai ini, dengan bekerja sebagai nelayan maupun trnsportasi sungai, dalam hal ini getek (perahu bermotor) dan speed boat. selain itu di sore maupun pagi hari sungai ini menjadi tempat refreshing karena memiliki panorama alam yang indah, sehingga tidak heran jika diwaktu-waktu tersebut ada orang yang berfoto-foto untuk sekedar mengabadikan kota pinggiran sungai arut ini, ada juga bisanya diwaktu tersebut oramg-orang nongkrong di sepanjang sungai arut, tidak hanya anak muda anak-anak bahkan orang tua pun banyak yang nongkrong untuk melepas lelah setelah bekerja.

foto bantaran sungai arut (KOBAR)

       Jika anda berkunjung ke kotawaringin barat, kunjungilah sungai arut yang terletak di jantung kota Pangkalan Bun ini, disini masih disediakan panorama alam yang masih alami tepat untuk melepas lelah ketika pulang bekerja. Mengunjungi sungai arut bisa dilakukan kapan saja anda tidak perlu khawatir, karena letaknya yang ditengah kota tidak perlu waktu khusus untuk mengunjungi keindahan sungai arut ini.

     Sungai arut ini, terhubung dengan beberapa kabupaten diantaranya kabupaten lamandau dan sukamara, namun untuk kabupaten sukamara kita harus keluar terlebih dahulu dari sungai arut, yakni melewati teluk kumai, barulah kita dapat menuju kabupaten sukamara yang terletak diperbatasan provinsi kalimantan tengah dan kalimantan barat. sedangkan untuk menuju kabupaten lamandau kita dapat mengikuti arah sungai arut, terus menuju arah hulu dari sungi arut, atau kita juga bisa lewat darat, dengan melewati jembatan yang ada dikelurahan baru, tapi jalan darat ini belum rampung 100% karena jalannya belum sepenuhnya teraspal. Namun kedepannya diharapkan akan banyak ke untungan dan manfaat dari pembangunan jembatan ini.

jembatan penghubung kekecamatan kotawaringin lama

     Jembatan ini adalah salah satu mega proyek dari pemerintah kobar, yang bertujuan membuka ke terisolasian transportasi kearah kabupaten lamandau, (dalam hal ini transportasi darat).

     Adanya jembatan ini tentunya menambah ke indahan dari sungai arut itu sendiri, kita doa ka saja semoga mega proyek pemerintah kobar dapat berjalan seperti yang direncanakan., aminnn...
Sekian edisi mengenai keindahan sungai arut, Isya Allah akan kami lanjutkan di posting yang akan datang..
emoticonTolong dibaca terlebih dahulu !


Anda sedang membaca artikel tentang Sungai Arut Menghiasi Kota Manis Bagi Anda pembaca blog dakobar.blogspot.com bisa menyebarluaskan atau mengcopy paste jika artikel Sungai Arut Menghiasi Kota Manis ini sangat bermanfaat, namun jangan lupa meletakan link postingan Sungai Arut Menghiasi Kota Manis sebagai sumbernya, berikut link posting bentuk html-nya :
Keterangan : Letakan kode diatas dibawah postingan Anda

0 komentar:

Posting Komentar

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ "Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Ulun"
Share