بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم "Assalamualaikum.Wr.Wb Selamat Datang di Blog Ulun" Blog Mengenai Kota Pangkalan Bun

Selasa, 06 Desember 2011

Artikel Pemanfaatan SI & IT Dibidang Pendidikan

BAB 1 Pendahuluaan

Latar Belakang

Perkembangan ilmu pengetahuaan dan teknelogi informasi dewasa ini menglami kemajuaan yang sangat pesan, perkembangan ini tidak berlangsung secara tiba-tiba, namun membutuhkan waktu yang relative lama, kemajuaan pengetahuaan dan teknologi informatika ini mengalami kemajuaan yang sangat pesan semenjak memasuki abat ke 20M sampai dengan sekarang ini, dalam kurun waktu itu banyak sekali kemajuaan –kemajuaan yang ditemukan oleh para ilmuwan dan anda pun bisa merasakan dampaknya sendiri pada saat sekarang ini, dimana penggunaan teknologi semakin mendominasi diseluruh penjuru dunia seiring berkembangnya ilmu pengetahuaan, kemajuaan ilmu pengetahuaan dan informasi tersebut tentunya membawa dampak positif dan negative disegala bidang kehidupan, tinggal kita sebagai pengguna bagaimana memanfaatkan kemajuaan tersebut.

Berkembangnya teknologi informasi yang sangat pesat serta diimbangi dengan berkembangnya ilmu pengetahuaan ternyata dapat menyebabkan kemajuaan yang sinitifikan, karena tidak hanya kemajuaan teknologi itu saja, namaun para ilmuwan juga mengembangan bagai mana cara mengelola kemajuaan teknologi itu dibidang bisnis pendidikan, pemerintahan dan lain sebagainya yaitu dengan adanya sebuah system informasi untuk menggabungkan beberapa unit kerja yang dikendalikan oleh sebuah server, sehingga menyebabkan dampak yang lebih bermanfaat dari kemajuaan teknologi informasi tersebut, Berkembangnya pengetahuaan dan teknologi informasi ini menjadi sangat berguna apabila diimbangi dengan kemajuaan sumber daya manusia yang memadai dibidang teknologi informasi, dalam artikel ini penulis akan membahas lebih mendalam mengenai pemanfaatan system informasi dan teknologi informasi dibidang pendidikan.

BAB 2 Pembahasaan

Pemanfaatan system informasi dan teknologi informasi tidak hanya digunakan untuk keperluaan bisnis dan perusahaan namun apakah anda mengetahui bahwa system informasi dan teknologi informasi juga banyak mendukung kemajuaan dalam bidang pendidika. Bagi pendidikan yang sudah mengalami kemajuaan tentunya mereka tidak lepas dengan pemanfaatan teknologi yang sudah berkembang dieraglobalisasi seperti sekarang ini, Sistem informasi itu sendiri adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.

Pada saat sekarang ini teknologi informasi dalam bidang pendidikan tidak hanya sebagai bahan ajar lagi seperti halnya bidang setudy teknologi informatika dan komunikasi (TIK) yang hanya berfokus pada pengetahuaan dan sedikit praktek yang diberikan kepada siswa siswi disekolah itu, seiring dengan kemajuaan teknologi informasi itu sendiri, perkembangan pendidikan disekolah semakin lama semakin mengalami perubahaan dan tentunya mendorong berbagai usaha perubahaan. Proses pendidikan disekolah-sekolah kita telah menunjukan perkembangan pesat pada bidang kurikulum,metodelogi pembelajaran, peralataan dan penilaiaan. Selain itu juga terjadi perubahaan pada bidang administerasi pendidikan, organisasi, Sumber Daya Manusia (SDM), dan penunjang kemajuaan itu sendiri. Dengan berbagai perubhaan itu lah saat ini sekolah-sekolah mulai menyesuaikan diri dan pada akhirnya teknologi informasi ini menjadi media pendukung dari pembelajaraan yang berjalan dalam proses belajar-mengajar didalam institusi pendidikan.

Pemanfaatan Teknologi Informatika dibidang pendidikan

1.Adanya Internet

Salah satu bentuk pemanfaata teknologi informatika dalam bidang pendidikan yang paling memberikan peranan penting iyalah adanya internet. Dengan adanya internet yang memberikan akses tanpa batas dimana pun anda berada, tentunya dengan dengan informasi-informasi yang lebih luas, cepat dan tanpa terhalang jarak. Informasi-informasi yang mungkin tidak didapatkan dalam buku ataupun literature-literatur yang ada disekolah anda pasti akan mudah anda dapatkan melalui akses internet. Kemudahan pemanfaatan akses internet ini manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh pelajar saja tapi juga pengajar dimana denangan mudah memperoleh bahan ajar dari internet.

Meskipun demikian, kemajuaan teknologi informasi yang memudahkan untuk mendapatkan berbagai informasi dengan mudah ini, tentunya juga memiliki sisi negativnya, tentunya hal ini akan menjadi boomerang bagi lembaga pendidikan itu sendiri, terutama bagi para pelajar yang masih dalam tahap mengenal dan selalu mempunyai rasa ingin tahu ini, karena melalui internet semua informasi dapat ditemukan dengan mudah ditemukan tidak hanya informasi mengenai ilmu dan pengetahuaan saja, namun juga informasi-informasi yang kurang mendidik pun dapat dengan mudah ditemukan . Oleh karena itu peran pengajar dan para orang tua pun sangatlah penting dalam mengoptimalkan pemanfaatan adanya jaringan internet ini.

Dengan banyaknya kemajuaan teknologi dijaman sekarang ini, mempengaruhi para pengajar bahkan pembuat keputusan di institusi pendidikan menjadi sadar betapa pentingnya teknologi informasi untuk diterapkan, karena penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan mempunyai dampak yang besar seperti pengembangan potensi baik untuk para pelajar yang kedepannya dapat diharapkan lebih menguasa perkembangan teknologi, pedidik serta bentuk instiusi pendidikan itu sendiri.

2.Sebagai Bahan Ajar & Media Pembelajaran

Kemudahan lain yang dapat dimanfaatkan oleh tenaga pendidik yakni memudahkan membuat bahan ajar dengan memafaatkan teknologi. Para tenaga pengajar tidak perlu susah-susah lagi membawa buku/bahan ajar yang sebegitu tebalnya cukup dengan merangkum materi tersebut dileptop/computer maupun flasdisk, merangkum dengan memanfaatkan softwere atau aplikasi yang ada seperti Microsoft powerpoint atau open ofgice presentation, atau aplikasi lainnya, yang nantinya para pengajar tinggal menjelaskan kepada siswa siswi mengenai materi tersebut dikomputer yang ada dirungan kelas dan disambungkan dengan proyektor. Bahkan dengan adanya teknologi informasi ini dapat membuat suasana belajar menjadi lebih hidup dan tidak membosankan karena materi-materi pembelajaraan tersebut tentunya dapat disisipkan berbagai animasi atau video yang berkaitan dengan bahan ajar tersebut. Berkaitan dengan materi untuk siswa, bisa dicopy dari guru yang bersangkutan atau jika sekolah sudah memiliki jaringan web yang memadai akan lebih mudah, siswa siswi tinggal mendownload materi tersebut dari web sekolah mereka.

Kemajuaan dan peranan teknologi yang sudah menonjol, tentunya harus didukung dengan media pembelajaran seperti penggunakan alat-alat, perlengkapan pendidikan, media pendidik dan pengajar disekolahpun mulai disesuaikan. Penggunaan alat-alat bantu mengajar, alat-alat bantu peraga pendidikan, audio, visual, OHP, LCD,VCD, Komputer, internet serata perlengkapan peralatan kerja lainnya. Tentunya, para pengajar harus mampu menggunakan alat-alat atau perlengkapan tersebut secara efisien dan efektif. Tetapi disisi lain, pengajar juga diisyaratkan untuk menggunakan alat-alat yang murah, efisien, dan mampu dimiliki oleh sekolah. Pengertiaan media pembelajaraan itu sendiri adalah sarana pendidikan yang dapat digunakan sebagai perantara dalam peroses pembelajaran untuk mempertinggi efektifitas dan efisiensi dalam mencapai tujuaan pengajaraan. Media pembelajaraan adalah alat, metode, dan teknik yang digunakaan untuk lebih meningkatkan efektifitas komunikasi dan interaksi antara pengajar dan siswa dalam proses belajar mengajar dikelas.

3. Pembuatan atau Pengembangan Aplikasi

Bentuk pemanfaatan lain dari teknologi informatika adalah pembuatan dan pengembangan aplikasi, seperti yang dikatakan sebelumnya dengan adanya jaringan web disuatu sekolah maka akan membantu dalam proses belajar mengajar suatu sekolahan. Untuk mempermudah cara kerja dari web itu sendiri banyak aplikasi-aplikasi yang disediakan seperti misalnya aplikasi pendukung pengelolaan system informasi, system informasi itu sendiri dapat diartikan suatu system yang sangat diperlukan bagi operasi dan manajemen organisasi apapun, Sistem informasi (SI) adalah kumpulan terkoordinasi subsistem informasi yang rasional terintegrasi untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah, mengambil, menyebarkan, dan mengkomunikasikan informasi untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam bisnis organisasi lainnya. Tujuan dari SI adalah untuk meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis.

Dengan adanya aplikasi web pendukung system informasi untuk akademik tentunya akan mudah untuk mengontrol data-data yang ada disekolah itu sepertti misalnya untuk mendata data-data pelajar yang ada disekolah tersebut, absensi, nilai siswa siswi, ujian, hasil akhir, materi dan sebagainya akan lebih mudah dan teratur apabila menggunakan system informasi, system informasi tersebut akan lebih mudah apabila antara bagiaan pengajar dan pelajar memiliki aplikasi-aplikasi tersendiri yang dihubungkan dengan web sekolah tersebut, misalnya aplikasi untuk para pengajar (Bapa Ibu Guru) aplikasi ini memuat hal-hal seperti penguploadtan materi untuk para siswa-siswinya, penguploadtan nilai-nilai yang diperoleh siswa siswi, informasi-informasi mengenai lembaga pendidikan itu sendiri (sekolah), sedangkan aplikasi untuk para siswa siswi berkaitan dengan pencariaan materi guru, tempat melihat hasil nilai dari suatu ujian, kewajibaan yang harus dipenuhi terhadap lembaga tersebut (sekolah) serta tentunya informasi-informasi yang berkaitan dengan lembaga sekolah tersebut, semua aplikasi yang ada pada web sekolah tersebut akan dikontrol dan dijalankan oleh orang yang bertanggung jawab atas pengelolaan jaringan web (Dalam hal ini petugas pengelola web tersebut). Dengan adanya system seperti ini tentunya akan memudahkan semua pihak yang ada pada lembaga suatu sekolah tersebut.

Selain system informasi yang disebutkan diatas dapat pula disambungkan dengan system informasi organisasi/kegiataan yang ada pada lembaga sekolahan tersebut. Aplikasi organisasi/kegiataan ini dapat memudahkan dalam manejemen oganisasi, mengendalikan berbagai kegiataan yang ada didalamnya dan aplikasi akunting pada lembaga sekolah tersebut sehingga memudahkan bagiaan keungan untuk mengontrol keluar masuknya biaya pendidikan, dan aplikasi-aplikasi lainya yang bisa dimanfaatkan dalam bidang pendidikan.

Dengan menerapkan teknologi informasi pada suatu lembaga sekolahaan maka akan meningkatkan transparansi,efektifitas, efisiensi dalam lembaga pendidikan tersebut dengan catatan teknologi informasi tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhaan dalam lembaga tersebut dengankata lain penggunaan yang tepat/tepat guna. Namun sebaliknya apabila digunakan tidak pada fungsi semestinya maka hanya akan membuang-buang biaya yang sudah dikeluarkan.

Manfaat lain dengan adanya web sekolah tersebut, dapat memberikan informasi kepada orang-orang yang ada diluar sekolah tersebut, seperti calon siswa-siswi yang ingin masuk sekolah tersebut adanya web sekolah ini tentunya akan membantu memberikan informasi kepada calon siswa-siswi dan orang tua wali siswa tersebut, para alumni sekolah tersebut terkdang mereka juga membutuhkan informasi dari mantan skolahnya tersebut baik untuk keperluaan tertentu atau sekedar ingin bernastolgia ataupun saling berinteraksi dengan para guru yang masih mengajar disekolah tersebut atau dengan para alumni lainnya jika jaringan web tersebut memiliki aplikasi chat atau tersambung dengan jejaring social. Atau bahkan pemerintah yang memerlukan data siswa siswi yang kurang mampu dan berprestasi untuk diberikan biayasiswa.

4. Pembelajaraan Berbasis e-learning

Bagi sekolah yang sudah maju dan memiliki fasilitas yang sudah lengkap sudah mulai mengembangkan pembelajaraan berbasis e-learning internet, pembelajaraan cara ini adalah pembelajaaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada sekarang ini, guru bisa tidak langsung hadir dikelas tersebut, yakni dengan cara menyambungkan perangkat pengajaran pada jaringan yang ada disekolah tersebut tentunya dengan memanfaatkan internet.

BAB 3 Penutup

Kesimpulaan

Perkembangan ilmu pengetahuaan dan teknologi informasi dari uraiaan diatas sangat jelas kemajuaan – kemajuaan tersebut membawa manfaat terutama dalam pembahasan ini dalam bidang pendidikan, banyak hal-hal yang dulu masih sangat sulit untuk dilakukan menjadi lebih mudah, tentunnya dengan berbagai kemajuaan yang ada ini dapat lebih meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pengjaran yang dulunya waktu digunakan untuk mencatat materi sekarng waktu tersebut dapat digunakan untuk menambah penjelasan yang lebih mengenai materi tersebut, yang pada akhirnya lebih berpengaruh terhadap pemahaman siswa-siswi.

Selain itu adanya perkembangan teknologi informasi ini dapan memperkenalkan siswa siswi mulai dari sekolah dasar sampai dengan tingkatan sekolah menengah atas untuk mengenal teknologi sejak dini sehingga kedepannya diharapkan siswa siswi ini dapat lebih mengusai kemajuan – kemajuaan yang besoknya tentunya kemajuaan teknologi tersebut terus meningkat dan lebih rumit, dan pada akhirnya mempengaruhi kemajuaan dari Negara itu sendiri apabila banyak memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengusai teknologi yang menyebabkan Negara ini dapat bersaingan dengan Negara-negara lainnya.

Tidakhanya dalam hal proses belajar mengajar saja kemajuaan teknologi tersebut dapat dirasakan manfaatnya namun juga dapat dirasakan untuk manajemen kegiataan – kegiaataan lain yang ada dilembaga sekolah tersebut, sehingga kegiatan tersebut dapat lebih hidup dan menunjang pencapaan tujuaan dari pendidikan itu sendiri.

Namun segala sesuatu yang kita lakukan pasti selain ada dampak positifnnya tentunya akan ada juga dampak negatifnya, hal ini juga terjadi pada perkembangan teknologi ini, tentunya hal ini sebelumnya sudah diantisipasi oleh pihak pengajar untuk mengwasi dan mearahkan anak didiknya agar tidak terjerumus kehal yang tidak diinginkan, agar adanya perkembangan teknologi tersebut manfaatnnya dapat dimaksimakan oleh siswa siswi dan dapat meminimalisir sisi negatifnya. Hal ini juga tidak lepas dari peran dan keterlibataan orang tua dari masing-masing siswa siswi tersebut untuk membantu mengawasi putra putrinya dalam hal kemajuaan teknologi ini.
emoticonTolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Artikel Pemanfaatan SI & IT Dibidang Pendidikan Bagi Anda pembaca blog dakobar.blogspot.com bisa menyebarluaskan atau mengcopy paste jika artikel Artikel Pemanfaatan SI & IT Dibidang Pendidikan ini sangat bermanfaat, namun jangan lupa meletakan link postingan Artikel Pemanfaatan SI & IT Dibidang Pendidikan sebagai sumbernya, berikut link posting bentuk html-nya :
Keterangan : Letakan kode diatas dibawah postingan Anda

0 komentar:

Posting Komentar

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ "Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Ulun"
Share