بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم "Assalamualaikum.Wr.Wb Selamat Datang di Blog Ulun" Blog Mengenai Kota Pangkalan Bun

Sabtu, 28 Januari 2012

Arti Logo Kotawaringin Barat & Marunting Batu Aji

Sebagai masyarakat yang cinta akan daerah dan negaranya kita wajib mengetahui seluk beluk mengenai tempat tinggal kita, nah kali ini ulun akan berbagi mengenai arti logo Kotawaringin Barat dan Marunting Batu Aji.

1. Arti atau Maksud Warna Dalam Lukisan Lambang
  • Warna merah melambangkan keberanian dalam membela dan memperjuangkan kebenaran atau keadilan dan rela bekorban, melambangkan pula gairah rakyat dan pemerintahnya dalam melaksanakan pembangunan.
  • Warna hijau berarti kedamaian, kesetian atau ketaatan, melambangkan pula kekayaan alam daerah Kotawaringin Barat.
  • Warna putih berarti suci, bersih, jujur, iklas dan rela.
  • Warna kuning emas berarti luhur, agung dan muli.
  • Warna coklat tanah berarti pengabdian kepada Ibu Pertiwi.

2. Arti atau Maksud Lukisan Dalam Lambang
  • Perisai bersudut lima, melambangkan tekad rakyat dalam mempertahankan Pancasila yang melandasi seluruh perjuangannya dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur dengan ikatan tali yang melambangkan kesatuaan dan persatuaan bangsa atau masyarakat Kotawaringin Barat.

  • Untaian Padi dan Bunga Kapas, melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran serta keadilan sosial yang merupakan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana dicetuskan dalam Proklamasi 17 Agustus 1945 yang dilambangkan pula dalam jumlah bulir padi 17, bunga kapas 8, daun padi 4 dan kapas 5.

  • Bintang Bersudut Lima dengan Warna Kuning Emas, melambangkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai sumber dari segala sumber kekuasaan dan melambangkan pula pengabdian kepada kepentingan Nasional maupun kemanusiaan.

  • Pohon Beringin Kembar (sepasang) sebagai gerbang yang berarti : Kuta (gerbang), Waringin (Pohon beringin) yang melambangkan pula sifat keterbukaan dan keramahan rakyat Kotawaringin Barat dalam pergaulan dan hubungan antar suku maupun bangsa dan melambangkan pula pengayoman dari pemerintah terhadap rakyatnya yang kokoh dan kuat yang dilambangkan dua batang pohon beringin berwarna coklat.

  • Rumah/Balai Adat, dengan warna atap kuning emas, berdinding putih dalam motif bangunan rumah-rumah tua didaerah Kotawaringin Barat, melambangkan wadah persatuaan dan kesatuaan serta kebutuhan pokok bagi rakyat akan perumahaan.

  • Pita Warna Putih dengan tulisan coklat yang bertulisan kata-kata : MARUNTING BATU AJI. Kata-kata tersebut merupakan kata-kata yang berarti MENUJU KEJAYAAN. Arti kata-kata :
    Marunting = menuju
    Batu Aji = nama sebuah bukit batu yang tinggi terletak dibagian utara daerah Kotawaringin Barat. Bukit batu ini memiliki banyak batu kecubung yakni batu yang sangat indah yang ada di kabupaten ini dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi, dan merupakan lambang kejayaan,kekayaan dan kemegahan, jadi dapat disimpulkan batu aji adalah menuju kotawaringin barat yang jaya, makmur adil dan sejahtera.



Lambang Pemerintah Daerah Kotawaringin Barat

Kesimpulan :
Daerah Kotawaringin Barat dilambangkan dalam lukisan bintang bersegi lima, pohon beringin, rumah, padi, dan kapas yang berada dalam ikatan tali diartikan bahwa masyarakat daerah Kotawaringin Barat pada Hakikatnya tidak terlepas dari ikatan dalam Negara Kesatuaan Republik Indonesia dalam menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-undang dasar 1945, cukup sandang, cukup pangan dan cukup papan serta berpegang teguh pada prinsip menuju pada kejayaan Nusa dan Bangsa (Marunting Batu Aji).

Mungkin ini saja postingan ulun mengenai arti logo dan arti semboyan kota Pangkalan Bun semoga dapat bermanfaat, wasalam...:)
emoticonTolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Arti Logo Kotawaringin Barat & Marunting Batu Aji Bagi Anda pembaca blog dakobar.blogspot.com bisa menyebarluaskan atau mengcopy paste jika artikel Arti Logo Kotawaringin Barat & Marunting Batu Aji ini sangat bermanfaat, namun jangan lupa meletakan link postingan Arti Logo Kotawaringin Barat & Marunting Batu Aji sebagai sumbernya, berikut link posting bentuk html-nya :
Keterangan : Letakan kode diatas dibawah postingan Anda

4 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih nang ..:D postingannya sangat membantu tugas ulun :D hihihi

Terimakasih Untuk Komentar Shobat Ulun :) By Hendi Wijaya
Hendi Wijaya mengatakan...

@angan gebyarta sama" shobat ulun alhamdulillah semoga dapat nilai bagus :)

RYAN mengatakan...

Saya bingung kok bisa di bilang kobar ya padahal Kalau kita lihat sejarah gk ada namanya kobar,kotim yg ada Tanjung negara,kotawaringin, sampit dll

Terimakasih Untuk Komentar Shobat Ulun :) By Hendi Wijaya
Hendi Wijaya mengatakan...

hehe iya shobat, kobar dan kotim itu singkatan kobar = Kotawaringin Barat kotim = Kotawaringin Timur aslinya emang Kotawaringin aja trus di pecah jadi dua kabupaten KOBAR & KOTIM trus pada tahun 2002 dipecah lagi KOBAR menjadi 3 (Kobar, Lamandau & Sukamara) Kotim menjadi 3 (Kotim, Sruyan & Katingan)...
Sampit itu kota kabupaten KOTIM shobat..

Posting Komentar

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ "Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Ulun"
Share