بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم "Assalamualaikum.Wr.Wb Selamat Datang di Blog Ulun" Blog Mengenai Kota Pangkalan Bun

Selasa, 10 Januari 2012

Contoh Proposal Pengembangan Sistem Informasi

PENDAHULUAN
Di era globalisasi zaman sekarang ini semua pekerjaan dituntun untuk menggunakan teknologi agar mempermudah suatu pekerjaan dan tentunya lebih efisien dalam penggunaan waktu, bahkan teknologi yang dikembangkan dizaman sekarang ini tidak hanya penyajiaan dalam bentuk informasi namun juga dapat menjelaskan dimana tempat lokasi suatu sumber informasi tersebut. Dengan menggunakan system GIS kita dapat menemukan suatu informasi yang relefan yang sedang kita butuhkan sebagai contoh jika kita ingin menemukan letak suatu kota disuatu Negara, tinggal menggetikan nama kota tersebutkita maka secara otomatis kita dapat menemukan lokasi kota tersebut, atau dengan menggunakan pointer kita menunjukan sembarang tempat pada suatu peta digital kita langsung dapat menemukan princiaan informasi mengenai kota tersebut.

Nah system aplikasi semacam ini akan kami kembangkan untuk mencari suatu letak toko yang ada di sebuah mall yang sangat besar, mungkin bagi anda orang sekitar mall tersebut dan sering berbelanja dimall tersebut sudah mengenal arah yang ada dimall mana jalan keluar yang cepat dari tempat anda berdiri sekaran,, mana letak toko elektronik anda akan mudah menemukannya, tapi bagi orang yang jarang ke mall tersebut dan ingin mencari sesuatu dimall tersebut pasti akan kebingungan apalagi bagi anda yang berasal dari luar kota tersebut, mungkin anda akan berjam jam menemukan toko yang menjual perlengkapan yang sedang anda cari. Kita sebut saja mall besar yang ada dikota semarang ini yakni matahari, disitu hanya terlihat sebuah peta analog yang sudah terlihat kusam mungkin bagi anda yang tidak tau tentang mall matahari sekali pun akan malas mencari info dari peta tersebut, apalagi bagi anda yang sudah mengetahui mall tersebut.

Penerapan system informasi berbasis GIS tersebut akan sangat berguna bagi anda yang ingin mencari informasi mengenai mall matahari tersebut, system informasi ini nantinya akan menyajikan informasi mengenai toko apa saja yang ada dimall matahari tersebut dan dengan anda memilih salah satu nama toko (mengklik) yang ada anda akan mendapatkan berbagai informasi apa saja yang dijual pada toko yang anda maksud beserta harganya, dengan dukungan dari system GIS ini anda akan diberikan peta digital (seperti GPS) untuk menuju toko tersebut, yang tentunya menggunakan lintasan terpendek dari posisi anda berdiri dari lantai berapa toko tersebut, urutan keberapa, blog ke brapa, semua akan terlihat pada peta digital tersebut, anda dapat menemukan peta digital ini jika anda sudah mengklik sebuah nama toko dimall tersebut secara otomatis juga akan tersedia arah toko tersebut berada dari posisi anda. Selain kemudahan itu system ini akan didukung dengan peta yang memetakan posisi-posisi suatu barang ( missal toko elektronik, toko buku, toko makanan, toko peralatan pitnes, toko baju dan lain-lain) dengan pemetaan warna yang berbeda-beda untuk suatu kategori, Dengan hanya mengklik menu peta pada tampilan halaman pertama.

Mungkin dalam penerpan awal aplikasi ini, kami akan menghadapi sedikit hambatan mengenai penggunan mesin ini, namun kami yakin hambatan ini tidak akan berlangsung lama, karena kami sudah menerapkan aplikasi dengan fitur-fitur sesederhana mungkin, dengan tujuan user mudah menggunakanya.

Pada peta tersebut informasi yang diberikan tidak hanya megenai pertokoaan yang ada di mall tersebut namun juga lokasi parkir, kamar kecil (WC), pintu keluar & masuk, dan fasilitas pendukung lainnya yang ada dimall tersebut akan anda dapatkan melalui peta digital ini. Dengan adanya aplikasi ini di sebuah mall maka akan mempermudah anda untuk menemukan suatu barang dan aplikasi ini akan dibuat semenarik mungkin agar user tertarik untuk mencari informasi menggunakan mesin ini, dan tentunya akan dibuat dengan tampilan yang simple dan mudah agar semua kalngan dapat memanfaatkan mesin ini untuk menari informasi mengenai mall tersebut.

LATAR BELAKANG
Mall matahari merupakan mall besar yang ada di kota Semarang yang tentunya banyak orang berkunjung kemall tersebut tidak hanya dari kota tersebut dari luar kota, luar pulau dan bahkan luar negeri berkunjung kemall terbesar dikota semarang apabila mereka sedang berada dikota semarang. Nah tentunya dengan mall yang besar ini pengunjung dari luar kota akan kesulitan jika berbelanja dimall ini butuh waktu yang lama untuk menemukan satu barang yang dicari,seperti yang kita liat dimall besar ini hanya terdapat peta analog yang itu pun sudah agak buram warnanya sehingga pengunjung tidak tertarik untuk membacanya, dengan bantuaan mesin pencari hasil dari pengembangan system informasi ini yang didesain lebih menarik dan mudah digunakaan semua kalangan, tentunya akan mempermudah para pengunjung untuk mencari sesuatu yang sedang mereka cari.

RUMUSAN MASALAH
Dalam proposal kami ini akan membahas menegenai :
1. Apakah penerapan system informasi mal ini dpt membantu memudah para pengunjung mal?
2. Bagaimana tanggapan dari pengunjung dengan adanya system ini ?
3. Ada kah hambatan-hambatan dalam menerapkan system ini ?
4. Apa saja kah peran dari system ini ?

TUJUAN

Kebutuhaan akan informasi sebuah mall bagi para pengunjung mendorong kami untuk mengembangkan aplikasi system informasi ini untuk mempermudah para pengunjung tersebut menemukan barang yang sedang mereka cari tanpa membuang – buang waktu yang banyak, dengan pengembangn tampilan yang menarik dan mudah untuk digunakan ini harapan kami dapat dimanfaatkan pengunjung secara maksimal. Sehingga para pengunjung merasa senang berbelanja dimall matahari ini walau tanpa pemandu bagi anda yang berasal dari luar kota semarang.

LINGKUP PROYEK
1. Spesifikasi dan design software
2. Coding
3. Instalasi Jaringan
4. Instalasi Software
5. Tes dan dokumentasi
6. Pemeliharaan data

WAKTU PELAKSANAAN
1. Tanggal mulai proyek :05 Juni 2013
2. Tanggal akhir proyek : 01 Agustus 2013

RESOURCES
1. Manpower :
a. System Analyst
b. Programmer
c. Technician
d. Secretary
2. Peralataan dan perlengkapan : Telah disediakan oleh pihak mall


TIM PEMBUAT SISTEM


TANGGAPAN ATAS MALL OF INFORMATION (MoL)
Pengertiaan Pekerjaan

  • Tujuaan Dan Sasaran Pekerjaan, tujuaan dan sasaran dari pengerjaan proyek ini masih dalam tahap uji coba awal untuk menggunakannya disalah satu mall besar yang ada di semarang ini. Karena dalam hal ini, pengunaan aplikasi ini ditujukan untuk masyarakat umum. Sehingga tujuaan awal pengembangan aplikasi ini untuk pengembangan awal dan pengenalan (Sosialisasi), kemudian tujuaan selanjutnya penerepan secara total kepada user, sehingga dapat melayani user dalaam mencari informasi mengenai mall tersebut.
  • Ruang Lingkup Pekerjaan, lingkup pekerjaan mencakup seluruh informasi yang ada pada mall tersebut, disertai dengan peta digital yang menunjukan langkah-langkah arah untuk mencapai suatu toko.
  • Hasil Pelaksanaan Pekerjaan, sesuai dengan tujuan awal hasil pelaksanaan pekerjaan belum bisa dilihat, karena mall of information masih berupa rencana dan pengembangan, dan belum dapat diketahui apakah hasil pekerjaan akan sesuai dengan rencana awal atau tidak.

SARAN DAN KOMENTAR TERHADAP MoI
  • Saran ; Seharusnya aplikasi Mol dapat memberikan gambaran dari hasil pekerjaan yang akan dilakukan agar lebih jelas tentang pembentukan aplikasi tersebut.
  • Komentar ; Pembentukan Mol ini sudah sangat bagus dan tepat, karena aplikasi ini sudah didukung dengan system yang jelas, yang tentunya sangat diperlukan disebuah mall & membantu kami sebagai pengunjung.
METODELOGI PELAKSANAAN PEKERJAAN

DASAR TEORI
Di era gelobalisasi sekarang ini kecepatan dan ketepatan sangat dibutuhkan, termasuk ketika kita sedang mencari sesuatu yang kita butuhkan, pastinya kita ingin sesuatu yang kita cari itu sesuai dengan harga pasaran dan berkualitas, nah untuk itu peranan mesin yang kami kasih nama mall of information ini sngat-sangat membantu mempermudah kita untuk mencari sesuatu barang.

KERANGKA UMUM SISTEM
Sistem yang akan kami coba kembangkan :
Sistem informasi dan informasi mall, meliputi :
  • - Informasi dari setiap toko pada mall tersebut (mengenai jenis barang yang diperjual
    belikan, harga barang dan jumlah barang yang tersedia)
  • - Pencariian barang yang ada pada mall tersebut.
  • - Peta digital mall tersebut ( arah dan letak toko yang sedang dicari, & pemetaan jenis
    barang yang diperjual belikan dimall tersebut)
  • - Halaman untuk administrator.
METODELOGI UMUM PELAKSANAAN PEKERJAAN
Pelaksanaan pekerjaan akan dilaksanakan ditempat teknisi mall matahari tersebut. Agar langsung menyesuaikan data penjualan dan barang yang ada pada mall tersebut. Proyek akal dilaksanakan selama 30 hari. Setiap harinya, para pelaksana pekerjaan akan bekerja dari pukul 08.00-16.00 sesuai dengan bagiaan proyek masing-masing.


ANALISIS DAN PEMBAHASAN

RUANG LINGKUP PELAKSANAAN (PROSES & CARA KERJA)
1. Membuat spesifikasi dan design software
Pembuataan spesifikasi dan design software ini bertujuaan untuk sinkronisasi antara pihak
mall terkait dengan pihak pembangun system, sehingga software yang dihasilkan dapat sesuai
dengan kebutuhan pihak mall

Adapun proses pembuataannya meliputi :
- Pembuataan prototype spesifikasi dan design software
- Review dari pihak mall yang bersangkutan
- Fixing spesifikasi dan design software


2. Coding
Dalam hal ini, programmer membuat program sesuai spesifikasi dan design software yang
telah disepakati sebelumnya

3. Instalasi Jaringan
Pelaksanaan instalasi jaringan melakukan tugasnya sesuai kebutuhaan dari system dan
kebutuhaan dari pihak mall

4. Instalasi Software
Setelah instalasi jaringan selesai dan programnya telah siap untuk dijalankan, pelaksanan
instalasi software mulai menginstalkan software yang telah dibuat ke dalam komputer
komputer yang terintegrasi (telah terpasang jaringan) Yang siiap dipasang di setiap lantai
mall tersebut

5. Tes dan dokumentasi
- Tes
Setelah software masuk ke dalam system, bagiaan analisis bertugas untuk mengecek
(testing) software untuk mengetahui kualitas dan ketepatan fungsi software।
- Dokumentasi
Setelah software selesai di tes, bagiaan dokumentasi mulai mendokumentasikan hasil
testing sebagai bahan koreksi dan perbaikan system untuk menghasilkan kualitas sistem
yang lebih baik lagi

6. Pemeliharaan data
Pemeliharaan data bertujuaan untuk pengelolaan data, baik data harga-harga, pegawai
maupun data-data lainnya
Adapun aksi yang tersedia meliputi :
- Insert data
- Update data
- Hapus data

JADWAL PEKERJAAN
Simbol Nama Kegiatan
A Membuat prototype spesifikasi dan design software
B Review dari travel yang bersangkutan
C Fixing spesifikasi dan design software
D Coding
E Instalasi jaringan
F Instalasi software
G Tes
H Dokumentasi
I Pemeliharaan data

RINCIAN BIAYA
Perincian biaya yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

1.Biaya Persiapan Operasi

a. Biaya Instalasi Software

Software Microsoft Visual Basic 6.0Rp 100.000
2.Biaya Proyek

a. Biaya Konsultasi :

Analisis 1 Orang Rp 10.000.000

Programmer 1 Orang Rp 7.000.000

Teknisi Rp 5.000.000

Sekertaris Rp 3.000.000

b. Biaya Transportasi dan Biaya Akomodasi 2 orangRp 400.000
3. Tahap Analisis dan Desain

a. Biaya Mengumpulkan Data, Dokumentasi Rp 120.000

b. Biaya RapatRp 180.000
4. Tahap Penerapan Sistem

Biaya pelatihan system aplikasi Rp 500.000
5.Biaya Operasi dan Perawatan

a. Biaya perawataan HardwareRp 2.000.000

b. Biaya perawataan SoftwareRp 2.000.000

c. Biaya KonsultasiRp 1.000.000
Total Biaya Keseluruhaan Rp 31.300.000


REKOMENDASI
Kami mengembangkan sistem informasi mall ini karena kami melihat dari mall yang begitu besar dan disini kami memisalkannya mall matahari, sudah selayaknya memiliki peta, diera yang modern ini tentunya peta yang digunakan untuk sebuah tempat belanja seperti itu adalah peta digital. Mall yang begitu besar pasti akan menimbulkan masalah mengenai pencarian suatu barang oleh para pengunjung, terutama pengunjung yang berasal dari luar kota, yang mana kita ketahui semarang adalah tempat strategis untuk berbisnis yang tentunya banyak mendatangkan orang dari luar kota.

Dengan adanya system informasi mall ini tentunya akan membantu memudahkan pengunjung untuk mencari barang yang mereka sedang cari, tidak hanya itu alat ini nantinya akan menujukan arah mana anda akan menemukan barang tersebut, melalui peta digital yang ada pada system informasi mall ini.
emoticonTolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Contoh Proposal Pengembangan Sistem Informasi Bagi Anda pembaca blog dakobar.blogspot.com bisa menyebarluaskan atau mengcopy paste jika artikel Contoh Proposal Pengembangan Sistem Informasi ini sangat bermanfaat, namun jangan lupa meletakan link postingan Contoh Proposal Pengembangan Sistem Informasi sebagai sumbernya, berikut link posting bentuk html-nya :
Keterangan : Letakan kode diatas dibawah postingan Anda

0 komentar:

Posting Komentar

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ "Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Ulun"
Share