بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم "Assalamualaikum.Wr.Wb Selamat Datang di Blog Ulun" Blog Mengenai Kota Pangkalan Bun

Rabu, 11 Juli 2012

SISTEM INFORMASI AKUTANSI (SIA) FOD Sistem Pembelian



 

 
Formulir yang diberkaitan dengan FOD :
1.Formulir Permintaan Barang
2.Kartu Gudang
 
3.Surat Permintan Penawaran Harga
 
4.Surat Penawaran Harga
 
5.Surat Order Pembelian
 
6.Surat Penerimaan Barang
 
7.Faktur
 
8.Laporan Penerimaan Barang
  



Diagram alir untuk proses Pembelian tunai

      1.      Bagian Gudang melakukan pengecekan barang.
      2.      Bagian Gudang membuat Form Permintaan Barang (FPB) rangkap 2. Form ke-1 diserahkan
       ke bagian pembelian dan satunya di arsip.
      3.      Bagian Pembelian melakukan pencarian harga barang dan membuat Surat Permintaan
       Penawaran Harga (SPPH).
      4.      SPPH dibuat rangkap 2, rangkap satu dikirim ke Supplier (pemasok) dan satunya di arsip.
      5.      Berdasarkan SPPH, pemasok membuat Surat Penawaran Harga (SPH) rangkap 2. Surat ke-1
      dikirim ke bagian pembelian dan satunya disimpan.
      6.      Berdasarkan SPH, bagian Pembelian melakukan pencarian harga yang cocok dan membuat
      Surat Order Pembelian (SOP) rangkap 3
      7.      SOP ke-1 dikirim ke bagian penerimaan, SOP ke-2 dikirim ke Supplier dan sisanya di arsip.
      8.  Berdasarkan SOP yg diterima Supplier melakukan pengiriman barang dan membuat Surat
      Penerimaan Barang(SPB) rangkap 2, SPB ke-1 diberikan ke bagian penerimaan dan
      sisanya diarsip.
      9.     Suplier mengirim Barang dan Surat Penerimaan Barang (SPB) dan diterima oleh bagian
      penerimaan.
      10. Supplier membuat faktur tagihan 2 rangkap, faktur ke-1 dikirim ke bagian AKT dan sisanya
  diarsip.
      11. Berdasarkan SOP dan SPB, bagian penerimaan melakukan pengecekan/pecocokan barang
      yang dikirim. Selanjutnya membuat Laporan Penerimaan Barang (LPB) rangkap 3. LPB ke-1
      diberikan ke bagian gudang, LPB ke-2 diberikan ke bagian akutansi(AKT) dan satunya di
      arsip.
      12.  Bagian gudang mencocokan FPB dengan LPB dan memasukkan datanya ke Kartu Gudang
      (KG). 
13. Bagian AKT(Akutansi) Menerima faktur tagihan dari supplier (pemasok).
      14. Berdasrkan faktur tagihan dan LPB, bagian AKT melakukan pencatatan transaksi pembelian
       tersebut kedalam  register bukti kas keluar.
      15. Dokumen bukti kas keluar (BKK) dibuat rangkap 2, BKK ke-1 dikirim ke supplier(pemasok)
       beserta uang pembayaran dan sisanya diarsip.



Flowchart Siklus Pembelian Tunai



 


Keterangan :
1. FPB    =   Form Permintaan Barang
2. KG      =   Kartu Gudang
3. SPPH      =   Surat Permintaan Penawaran Harga
4. SPH    =   Surat Penawaraan Harga
5. SOP   =   Surat Order Pembeliaan
6. SPB    =   Surat Penerimaan Barang
7. Faktur
8. LPB    =   Laporan Penerimaan Barang
9. BKK    =   Bukti Kas Keluar

emoticonTolong dibaca terlebih dahulu !
Anda sedang membaca artikel tentang SISTEM INFORMASI AKUTANSI (SIA) FOD Sistem Pembelian Bagi Anda pembaca blog dakobar.blogspot.com bisa menyebarluaskan atau mengcopy paste jika artikel SISTEM INFORMASI AKUTANSI (SIA) FOD Sistem Pembelian ini sangat bermanfaat, namun jangan lupa meletakan link postingan SISTEM INFORMASI AKUTANSI (SIA) FOD Sistem Pembelian sebagai sumbernya, berikut link posting bentuk html-nya : 
Keterangan : Letakan kode diatas dibawah postingan Anda

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih ya. God bless

Terimakasih Untuk Komentar Shobat Ulun :) By Hendi Wijaya
Unknown mengatakan...

terimakasih, ini sangat membantu saya
sehat selalu, and goodluck untuk kedepannya

Terimakasih Untuk Komentar Shobat Ulun :) By Hendi Wijaya

Posting Komentar

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ "Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Ulun"
Share