بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم "Assalamualaikum.Wr.Wb Selamat Datang di Blog Ulun" Blog Mengenai Kota Pangkalan Bun

Selasa, 15 Mei 2012

Contoh Kasus Flow Of Document (FOD) dalam SIA

        Selamat malam pekawalan blog ulun, malam ini ulun mau berbagi mengenai perkuliahan ulun ne, yakni mengenai FOD (Flow of document) dari mata kuliah SIA, nah berikut contoh kasusnya :
Contoh Kasus :
      Konsumen datang ketoko langsung ke-bagian penjualan untuk konfrimasi barang yang akan dibeli. Konsumen menulis pesan barang pembelian pada formulir pembelian (FP) rangkap 3 yang diberikan oleh konsumen diserahkan kebagian penjualan untuk di tanda tangani dan dibuatkan nota pembelian konsumen rangkap 3, lembar 1 diserahkan kekonsumen untuk dilakukan pembayaran dikasir, lembar 2 diserahkan ke-keuangan, lembar 3 diasip pada bagian penjualan.
      Dengan FP (Formulir Pembelian) yang diterima oleh bagian penjualan dibuatkan surat perintah keluar barang di gudang (SPKBG) rangkap 3. lembar 1 arsip bagian penjualan, lembar 2 diserahkan ke gudang, lembar 3 ke-Accounting (ACC).
FP lembar 1 arsip oleh bagian penjualan , FP lembar 2 kebagian gudang, FP lembar 3 ke-Accounting. Pada bagian gudang FP lembar 2 dan SPKBG lembar 2 disiapkan barang dan dibuatkan surat jalan kirim (SJK) Rangkap 4.Lembar 1 diarsip oleh gudang, lembar 2 ke-Accounting, lembar 3 & 4 diserahkan kebagian pengiriman. Dibagian gudang berdasarkan FP lembar 2 dan SPKBG lembar 2 dibuatkan laporan stock barang rangkap 3. Lembar 1 arsip gudang, lembar 2 kebagian penjualan , lembar 3 ke accounting.
      Dibagian pengiriman SJK 3 & 4 beserta barang diserahkan kekonsumen untuk disetorisasi dan diserahkan kembali dokumen-dokumen tersebut kebagian pengiriman. SJK lembar 3 diarsip bagian pengiriman, lembar 4 diserahkan ke-keuangan. SJK lembar 3 dibagian pengiriman dibuatkan laporan pengiriman rangkap 3.
      Dibagian kasir nota + Rp (Pembayaran) konsumen dicocokan dan disetorkan ke-Bank untuk selanjutnya bukti setor bank rangkap 3 (slip setor), lembar 3 diserahkan ke-keuangan untuk dibuatkan laporan keuangan masuk dan bukti setor bank lembar 2 diarsip oleh kasir.
Bagian Accounting dengan dokumen-dokumen yang diterima disiapkan sebagai dasar dilakukan stock of name dan audit (Sistem Pengendalian Internal Perusahaan)

1. Buatlah Flow of Dokumen (FOD) ?
2. Apakah narasi tersebut diatas sudah mencapai SPI ?






 

      Nah itu tadi sebagian dari pembahasan mengenai fod, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman., wasala, jangan lupa ya berbagi dengan teman yang lainnya dengan meng-klik tombol facebook dibawah ini..:)
emoticonTolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Contoh Kasus Flow Of Document (FOD) dalam SIA Bagi Anda pembaca blog dakobar.blogspot.com bisa menyebarluaskan atau mengcopy paste jika artikel Contoh Kasus Flow Of Document (FOD) dalam SIA ini sangat bermanfaat, namun jangan lupa meletakan link postingan Contoh Kasus Flow Of Document (FOD) dalam SIA sebagai sumbernya, berikut link posting bentuk html-nya :
Keterangan : Letakan kode diatas dibawah postingan Anda

0 komentar:

Poskan Komentar

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ "Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Ulun"
Share